Memasuki Musim Hujan, Dinas PU Makassar Ungkap Dua Penyebab Banjir

Makassar,- Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Moh. Syafar Madjid, mengungkapkan ada beberapa kelakuan masyarakat yang bisa menimbulkan banjir.

“Untuk masyarakat, sampahnya simpan maki di pinggir rumahnya, nanti ada petugas dari kecamatan yang angkut,” ucapnya saat ditemui, Senin (19/10/2020).

Tak hanya sampah, Syafar menuturkan, hasil dari sisa pembanguan masyarakat seperti pasir yang dibiarkan jatuh ke drainase juga bisa menimbulkan banjir. Jika sudah banyak yang tertimbun. “Kemudian kalau membangunki, jangan buang itu pasir ta. Tutup sai itu triplek, seng. Supaya pasir dan batu tidak langsung jatuh (ke Drainase),”ungkapnya.

Ia pun meminta bantuan kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga Kota Makassar dari banjir dengan tidak sembarangan membuang sampah ke drainase. “Artinya tolong masyarakat bantu kami, jangan (sembarang) membuang (sampah),” harapnya.

Memasuki musim penghujan, Kota Makassar tidak pernah absen dari banjir maupun genangan. Apalagi saat ini proyek Jalan Tol Layang A.P Pettarani masih dalam proyek penyelesaian yang memengaruhi kondisi drainase di daerah sekitarnya. (Sumber : Fajar | Editor : Adi Mirsan | Penulis : Ikbal)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 1 =