PU Makassar Poles Jalan Landak Baru sebagai Percontohan Jalan Bintang Lima

landakbintang5

Jalan Landak Baru Makassar

DPUMKS2X+V,- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar segera memoles Jalan Landak Baru sebagai percontohan jalan bintang lima. Pedestrian di jalan ini akan dilengkapi boks berisi air minum yang bisa dinikamti pengguna jalan.

Sesuai desain jalan bintang lima yang ada di Dinas PU Kota Makassar, selain boks air minum, sepanjang Jalan Landak Baru juga akan dibangun trotoar bundaratta. Sama seperti jalan lainnya, jalan bintang lima ini bakal dilengkapi halte, lampu jalan dan trotoar ramah difabel.

Kepala Bidang Bina Teknik Dinas PU Kota Makassar Ansuard mengatakan, Jalan Landak Baru akan diperlebar hingga menjadi empat lajur (dua lajur setiap jalur). Sementara drainase akan ditutup untuk pembangunan trotoar. “Hasil koreksi pak wali masih ada perubahan di desain halte dan potnya. Pak wali tidak ingin ada pot yang menghalangi pejalan kaki. Kalau yang lainnya sudah acc,” katanya, Selasa (19/9).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membenarkan masterplan atau rencana induk pembangunan jalan bintang lima di Jl Landak Baru sebagian besar telah disepakatinya. Menurutnya, sistem pembangunan yang direncanakan sudah layak untuk diterapkan di Makassar demi mengurai kemacetan.

“Jadi saya harap tahun ini bisa selesai, jadi bisa sebagai percontohan pertama. Ke depannya akan direncakan pada beberapa ruas jalan,” ujar Danny, saat ditemui FAJAR, di Balai Kota Makassar, Senin sore (18/9).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar Muh Ansar mengatakan, proyek ini sudah siap untuk ditender. Anggaran yang disiapkan Rp 10 miliar. Rencana awal, kata Ansar, jalan yang akan dijadikan bintang lima ada tiga, yaitu Landak Baru, Rappocini, dan Sungai Saddang. Namun, untuk tahun ini yang menjadi prioritas utama yaitu Landak Baru. “Untuk jalan bintang lima ini akan dibuat sekitar 800 meter,” katanya.

Dikatakan bintang lima, lanjut Ansar, karena jalan tersebut akan disiapkan pedestrian yang bisa untuk semua kalangan, baik untuk disabilitas. Selain itu, drainase akan ditutup dan di atasnya dibuat pedestrian. Pada pedestrian terdapat tempat sampah dan juga akan disiapkan tempat air bersih yang bisa langsung diminum. Penerangan jalan juga akan diutamakan. “Jadi dikatakan bintang lima karena selain kenyamanan kualitas jalan akan menjadi perhatian, kita juga akan jadikan ini percontohan bebas macet,” ucapnya. (rul-sal/kas/jpg | INDOPOS.CO.ID)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =